Rabu, 15 November 2017

# Curhat # Motivasi

Curahan Hati tentang Tokoh Proklamasi

Baru-bari ini saya meluncurkan satu artikel tentang Bung Hatta, pahlawan proklamasi kita. Duh, mengiris hati rasanya baca berbagai artikel tentang beliau, betapa kayanya wawasan seseorang berbanding terbalik dengan gaya hidupnya. Aih, jadi malu.

Riset yang saya lakukan hanyalah melalui internet. Bahkan hanya dengan artikel di internet sudah dapat menembus rasa hormat dan salut saya sama beliau. Di usia yang masih muda belia, di mana saya hanya mengemis uang kuliah dari orang tua setiap bulan, beliau sudah dipenjara Belanda karena menerbitkan artikel yang dituding memprovokasi publik dengan pemerintah kolonial.

Di masa-masa saya galau hanya karena skripsi yang enggak kelar-kelar, beliau dengan gagah menyurakan pidatonya yang termasyur di Belanda : Indonesia Vrij.

Bahkan, di masa-masa para muda-mudi yang galau gegara digempur pertanyaan sadis tentang kapan nikah, beliau dengan lantang menyurakan bahwa tidak akan menikah sampai Indonesia merdeka. Hayo, siapa muda-mudi yang disini berani menyuarakan tidak akan menikah sampai nilai rupiah setara dengan nilai dolar amerika? Hahaha, Saya sih tidak.

Pasca beliau memundurkan diri dari jabatan Wapres, beliau pindah ke rumah pribadinya. Beliau hidup dengan sederhana bahkan sempat mengalami kesulitan membayar uang PAM. Saat itu Gubernur Jakarta yang sedang menjabat adalah Pak Ali Sadikin yang langsung mengusulkan beliau untuk menjadi warga kota utama agar terlepas dari beban bayar pajak dsb.

Ah, berapa banyak pejabat kita sekarang yang berani hidup seperti beliau? Memberikan segalanya ketika berkuasa dan tidak menuntut sedikitpun setelah menjadi rakyat biasa.
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Aliran Rasa Bunda Cekatan 2020

Dear, Kali ini saya membuat aliran saya dengan telat. Sayang sekali.  Tapi saya tetap ingin membuatnya sebagai selebrasi perjuangan...

Follow Us @soratemplates