Kamis, 16 Agustus 2018

# Curhat # Institut Ibu Profesional

NHW 1: Manajemen Waktu Kuliah Bunda Sayang Batch 4

Assalamualaikum wr wb,

Sudah lama sekali rasanya gak begadang untuk ngerjain tugas dari IIP. Ada perasaan kangen dan kehilangan yang mendalam selama liburan (ceileh) haha.

Pelajaran pertama di kelas Bunsay ini adalah tentang manajemen waktu. Mirip-miriplah materinya sama di kelas matrikulasi kemarin, namun kali ini dibahas dengan lebih mendalam. 

Tantangan menjadi emak-emak memang ada pada manajemen waktu. Being mom, 24 hours is never enough. Dalam waktu 24 jam harus membagi waktu untuk rumah, anak, suami, dan diri sendiri.

Perilaku emak-emak, terutama saya, adalah seringkali teledor dalam menggunakan waktu luang untuk hal bermanfaat. Ujung-ujungnya ialah stress dan bad mood sendiri. Duh, pusing nih, anak rewel rumah berantakan, belum masak, bentar lagi suami pulang, adalah contoh gampang keluhan emak-emak macam saya yang gagal memanajemen waktu dengan tepat.

Padahal dengan mengatur waktu dengan tepat, banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satunya ialah mendapatkan bonus waktu untuk me time dengan mengasah passion atau hobi masing-masing, betul tidak?






Strategi Manajemen Waktu

Ada tahapan yang harus dilakukan dalam mengatur manajemen waktu : List, Plan, Action, dan Recheck. Pertama, kita tulis semua kegiatan yang akan dilakukan, kemudian rencanakan kegiatan tersebut dalam batas waktu tertentu, lalu lakukan, dan evaluasi. 

Dalam memanajemen waktu, ada baiknya juga mengelompokkan jenis kegiatan tersebut dalam kuadran Covey : penting medesak, tidak penting mendesak, tidak penting mendesak, dan tidak penting tidak mendesak. Kalau nonton drakor bisa dikelompokkan dalam penting dan amat mendesak gak ya?  





Kompleksitas Tantangan

Ada kalanya hambatan selalu muncul dalam melakukan jadwal yang sudah disusun. Nah, untuk hal yang begini kita perlu strategi khusus agar rutinitas tetap terjaga. Dengan rutinitas yang terjaga, kestabilan emosi diri dan keluarga dapat lebih dikendalikan, betul tidak?





Daily Activity

Saya sudah mencoba membuat rutinitas harian saya dalam template yang sudah disediakan oleh Fasil Bunsay.




Duh, templatenya unyu banget yak. Yap, silakan emak-emak di rumah mencoba menuliskan kegiatan hariannya. Saya sarankan sih menulisnya dalam buku yang lucu dan menarik agar mood memulisnya makin bagus. Selamat mencoba ya. 

Semoga bermanfaat.


1 komentar:

Cari Blog Ini

Aliran Rasa Bunda Cekatan 2020

Dear, Kali ini saya membuat aliran saya dengan telat. Sayang sekali.  Tapi saya tetap ingin membuatnya sebagai selebrasi perjuangan...

Follow Us @soratemplates