Sabtu, 01 September 2018

# Curhat # Institut Ibu Profesional

NHW 4 : Aktualisasi Diri

Assalamualaikum bunda-bunda pembelajar,

Tak terasa sudah berada di penghujung pra bunsay. Agak deg-deg juga nih mau menerima kelas bunsay yang asli, hihi.

Tema kali ini ialah tentang aktualisasi diri. Curhat dulu yak, saya resign dari kerjaan gegara hamil. Rasanya pasca resign itu suntuuuuk banget. Berasa jadi pengangguran yang gak bermanfaat.

Lambat laun suntuknya semakin parah dan saya sedikit terjangkit babyblues. Gak sampai parah sih, tapi yang jelas sudah mulai nangis gak jelas di depan pintu rumah, hahaha.

Untungnya di momen yang genting ini saya mengenal IIP dan sadar bahwa untuk menikmati hidup cukup dengan menjadi diri sendiri. Setelah menjadi ibu, saya memang mendadak lupa pada hobi. Lupa baca buku, lupa nulis, lupa nonton One Piece, dan lupa menyempilkan waktu untuk sekedar rehat pada diri sendiri. Tak perlu lah jadi emak yang sempurna, cukuplah jadi emak yang bahagia, ceilah.

"Happy mom grows happy family"- Institut Ibu Profesional

Saya mulai menggeluti hobi lagi. Saya mencari teman-teman seprofesi yaitu emak-emak yang doyan nulis. Ternyata teman seprofesi teman saya sangat banyak. Bahkan udah ada yang bisa menghasilkan uang dari hobi ini. Sungguh kenikmatan yang hakiki!

Saya masihlah remah-remah rengginang di dasar kaleng Khong Guan. Masih banyak banget anak tangga yang harus dinaiki. Keep on fire!

Manfaat Aktualisasi Diri

pexel.com
Aktualisasi diri buat saya sangat bermanfaat. Selain menjadi produktif karena punya targetan bulanan, juga menjadi semacam rehat dari kejenuhan rutinitasnya rumah tangga. Rasanya punya sesuatu yang bisa dikhawatirkan selain urusan rumah dan anak itu suatu kemewahan tersendiri.

Aktualisasi diri semacam ini juga meminimalkan pikiran negatif. Pikiran kita akan disibukan dengan fokus yang kita rancang sendiri. Saya dapat merasakannya, setelah saya mulai aktif ngeblog sana sini, intensitas ngambek  ke suami berkurang 60%.

Oh iya, dan ini poin yang paling penting. Berdasarkan diskusi di kelas Bunda Sayang, aktualisasi diri juga bermanfaat untuk menghindarkan kita dari mom war yang tak berfaedah. Entah itu tentang ibu bekerja-ibu di rumah, imunisasi-tidak, dan perihal lainnya. Kita semua adalah orangtua yang menginginkan hal terbaik untuk anak dan keluarga, namun semua memiliki cara dan jalan masing-masing. Yang penting ialah tak berhenti untuk terus menuntut ilmu, betul, betul, betul?


"Every mom has her own battle, win yours without being down to others"-Institut Ibu Profesional


Tugas IIP



  • Kartu Nama






  • Narasi Diri
Saya adalah ibu rumah tangga yang senang menyepi sambil menulis. Saya menggilai buku-buku karya Agatha Christie, Enid Blyton, dan tentu saja Sir Arthur Conan dengan tokoh Sherlocknya yang sangat fenomenal. Untuk penulis dalam negeri, Andrea Hirata dengan karya "Cinta Dalam Gelas" lah yang sangat adiktif untuk diri saya.

Selain menulis, saya juga suka jalan-jalan. Di waktu luang, saya sesekali jalan ke perpustakaan daerah di Samarinda dan nongkrong berlama-lama di bagian anak. Furniturnya bagus dan ramah anak, ditambah lagi ada ruangan menyusuinya, uwooo. Sebenarnya saya pengen banget bisa mampir ke Perpustakaan Nasional yang katanya merupakan bangunan perpus tertinggi di dunia, semoga nanti ada kesempatan untuk bisa ke sana.

Kalau bunda juga tertarik pada dunia blogging, saya sarankan untuk mengunjungi blognya mbak Carolina Ratri. Beliau adalah emak blogger senior yang banyak menuliskan tips blogging untuk para awam macam saya ini. Tulisan beliau lucu, mudah dicerna, dan sangat aplikatif, very recommended!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Aliran Rasa Bunda Cekatan 2020

Dear, Kali ini saya membuat aliran saya dengan telat. Sayang sekali.  Tapi saya tetap ingin membuatnya sebagai selebrasi perjuangan...

Follow Us @soratemplates