Senin, 12 November 2018

# Event

5 Tips Untuk Mempercantik Blog Ala SEO-Friendly

Pernahkan teman-teman berkunjung ke suatu blog yang waktu loadingnya lumayan lama? Sudah begitu, ada tulisan bling-bling dan banyak widget (salah satu yang paling banyak dipasang ialah jam) yang sebenarnya tidak kita perlukan. 

Sebagai wannabe blogger pro, ternyata ada banyak sekali yang harus dibenahi dalam dunia per-blog-an, salah satunya ialah desain blog. Ada begitu banyak template blog yang tersedia, namun ada beberapa kriteria yang mesti kita pahami dahulu agar blog kita dapat dengan mudah dikenali di google.

Memangnya apa sih pentingnya mempercantik desain blog?


Mari memposisikan diri sebagai pengunjung yang ingin memperoleh informasi. Melihat iklan yang tak habis- habis, tulisan yang berkilauan dan loading laman yang lambat tentu akan membuat pengunjung ingin segera kabur dari blog kita.

Ibarat mantan yang ingin ngajak balikan; terus menerus mengirim chat, terus menerus merongrong dengan kalimat gombal, tapi tindakan semacam ini justru mendorong untuk semakin mantap menjauh, benar kan? #eeeaa (maaf ya, contohnya ga nyambung banget)

Tips untuk Mempercantik Blog agar SEO Friendly

1. Pastikan memlilih latar yang berwarna putih.

mojok.co

Banyak keuntungan yang didapat dengan memilih template berlayar putih. Salah satu tujuannya ialah membuat pengunjung dapat fokus pada konten tulisan yang disajikan dalam blog, sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan pada pengunjung dan berdoa saja semoga ini dapat meningkatkan posisi web kita di mata google.

2. Mengatur widget seminimal mungkin. 

carolinaratri.com

Saya dulu suka sekali memasang jam di blog dengan tujuan agar terlihat keren. Namun, rupa-rupanya ini sama sekali tak mempengaruhi tingkat ke-keren-an sebuah blog.

Blogger pemula macam saya, memang diwajibkan untuk sering mencontek gaya template para master blog. Mereka biasanya hanya memasang widget seperti popular post, about me, arsip blog dan tool telusur.

3.  Memposisikan widget di sebelah kanan. 

area widget
rianandini999.blogspot.com

Simpel banget yak? Haha, tapi ini gak kalah penting loh. Meskipun rata-rata template blog yang tersedia memang posisi widgetnya ada di sebelah kanan, tapi ada beberapa yang masih memasangnya di sebelah kiri.

Google biasanya menelusuri kata kunci dari sebelah kiri dahulu baru ke kanan. Jadi konten tulisan kitalah yang sebaiknya ada di sebelah kiri agar mudah terdeteksi oleh beliau.

4. Menyesuaikan niche blog dengan gaya template

lensabuku.com

Wah, ini hal sepele yang juga turut menyumbang apakah blog kita sedap dipandang mata. Misalnya, teman-temen memilih niche travelling, maka pilih template yang mendukung untuk memajang foto-foto cantik sebagai displaynya, dan jika temanya review buku seperti pada gambar, maka cukup pilih template yang sederhana namun tetap manis.

5. Gunakan template yang menjamin bahwa ia SEO Friendly.

gooyaabitemplates.com
Web Gooyabi template merupakan salah satu portal download yang disarankan untuk mencari template SEO friendly. Ada keterangan fitur template di sebelah kanan, seperti yang terlihat pada gambar.

Sudah deh, itu saja tips dari saya. Memangnya apa sih pentingnya SEO friendly itu? Dengan memanfaatkan  SEO, blog kita bisa ada di salah satu halaman yang disodorkan google pada pengguna saat mengetikkan keyword tertentu. Dengan begini, blog kita punya statisitk pengunjung yang tinggi tanpa perlu share di medsos, asyik kan?

disclaimer
Tadinya tulisan ini mau saya ikutkan lomba, berhubung deadline nya sudah lewat (tanggal 10 kemarin), maka dengan berat hati saya tetap merampungkan tulisan ini sebagai perayaan atas ngilmu ke mbak Carolina Ratri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Aliran Rasa Bunda Cekatan 2020

Dear, Kali ini saya membuat aliran saya dengan telat. Sayang sekali.  Tapi saya tetap ingin membuatnya sebagai selebrasi perjuangan...

Follow Us @soratemplates